Masa Depan


"Kita hari ini adalah cermin dari diri kita di hari esok."

Nasihat di atas mungkin sering kita dengar dalam kelas-kelas motivasi atau mungkin dalam sajian video pendek di dunia maya. Banyak di antara kita yang teramat yakin menjadi lebih baik di hari ke depan. Namun tak pmenermati aktivitas keseharian. Apakah hari-harinya berjalan sesuai rel cita-cita amasa depan? atau justru rel yang sedang dipijaki mengantarkan pada arah yang berlainan.

Masa depan memang penuh misteri tanpa kepastian. Namun bukan berarti ia tidak bisa diprediksikan, Bila hidup ini ibaratkan ujian di sekolah, tentu kita tahu bahwa satu-satunya cara terbaik untuk lulus dan memperoleh nilai terbaik dalam ujian adalah dengan membuat perencanaan dan mempersiapkan. Begitu pun dengan kehidupan.

Bukan kah Allah pernah memfirmankan dalam kitabNya bahwa salah satu alasan adanya kita di dunia ini adalah untuk menjalani ujian? Dan layaknya ujian di sekolah, kunci untuk bisa berhasil adalah dengan membuat rancangan hidup untuk kemudian bisa tahu apa saja yang harus dipersiapkan.

Bila ada yang mengatakan "untuk apa membuat perencannaan, toh banyak kok orang bisa sukses tanpa ada perencanaan." Maka camkan saja dalam hatimu "Kalau tanpa perencanaan saja bisa sukses, apalagi kalau ada perencanaan, pasti akan menjadi super sukses."




2 comments: