Gila Pujian

15:04


Setiap dari kita selaku manusia pasti menginginkan yang namanya keberhasilan, kesuksesan, dan apapun hal yang kiranya bisa menunjukkan bahwa diri memiliki kebesaran yang patut untuk dimuliakan.

Tidak ada yang salah memang untuk demikian. Karena memang secara alamiah manusia  menginginkan agar dirinya diakui oleh lingkungan sekitar, atau lebih tepatnya butuh eksistensi diri agar ia tidak merasa tiada di kehidupan ini. Butuh pengakuan singkatnya.

Namun sayangnya, banyak manusia yang menjadikan hal-hal tersebut sebagai hal manusiawi yang dijadikan dalih untuk pembenaran diri yang sebenarnya menggilai pujian, bukan sekadar menginginkan pujian. Tidak masalah dengan menginginkan pujian, namun ketika sampai pada tahap menggilai sungguh itu adalah masalah.

Bukankah pujian itu sejatinya hanya patut disematkan pada Tuhan yang maha sempurna? Bukankah tugas kita di bumi ini bukan untuk memeroleh pujian? Bukankah kita diperintah oleh-Nya untuk berbuat kebaikan, bahkan meski tanpa imbalan?

Maka untuk apa sebenarnya tujuan suksesmu? apakah untuk menjadi mulia yang bermanfaat bagi sesama? Atau justru sekadar untuk mendapat tepuk tangan dari sesama?

Mari periksa! 

F A R I D  J.

2 comments: